Bahasa | English


SENI MUSIK

Barat Ketemu Timur, Awal Mula Perkembangan Musik Keroncong

31 May 2019, 00:00 WIB

Musik asal Kampung Tugu ini konon dibawa orang-orang Mestizos ke tanah Betawi sejak 1661. Meztizos adalah keturunan pelaut-pelaut Portugis yang menikah dengan penduduk lokal yang menjadi koloni mereka.


Barat Ketemu Timur, Awal Mula Perkembangan Musik Keroncong Musik Keroncong. Foto: Istimewa

Musik keroncong adalah salah satu genre musik yang lahir karena persilangan budaya Barat dan Timur.  Lutgard Mutsaers adalah seorang musisi rock, jurnalis, sekaligus peneliti musik populer dari Tilburg, Belanda. Dia menulis tentang proses yang berkembang di awal kemunculan sebentuk musik unik yang kemudian dikenal sebagai Kroncong atau Keroncong. 

Tulisan itu berjudul Barat Ketemu Timur; Cross-Cultural Encounters And The Making of Early Kroncong History. Tulisan ini adalah salah satu dari beberapa tulisan dalam buku Recollecting Resonances yang diterbitkan oleh KITLV, Institut Kerajaan Belanda untuk Kajian Asia Tenggara dan Karibia, pada 2014.

Musik Kroncong, dalam kacamata perempuan kelahiran 1958 ini, adalah simbol hubungan yang sangat intim antara Indonesia dan Belanda. Kroncong sangat unik, karena penampilannya sangat berbeda dengan musik popular lain yang berkembang di Indonesia.

Walaupun akar musiknya bukan berasal dari Belanda atau dari Indonesia, sejarah mencatat bahwa Indonesia atau Nusantara yang pada saat itu berada di bawah mahkota Kerajaan Belanda adalah tempat berpadunya estetika Eropa dengan Asia. Hingga hari ini Kroncong adalah ruang kultural yang menyambungkan keduanya.

Musik dari Kampung Tugu

Awal abad 20 adalah mula kepopuleran musik Kroncong. Dia berkembang sebelum ada industri rekaman. Pentas-pentas Kroncong  menarik perhatian berbagai kalangan sosial yang mampu membeli tiket pertunjukannya. Kepopulerannya berkembang sebelum radio, dan piringan hitam menghadirkannya secara komersial.

Bagi orang Belanda, Kroncong adalah musik yang tumbuh dari tanah Hindia yang mereka cintai. Dia adalah miniatur kenangan yang melintasi jarak sejarah dan geografi.

Saat koran-koran kolonial mulai menulis tentang musik ini, dia belum bernama. Tertulis di sana adanya satu tradisi musik rakyat yang berbeda dari lainnya. Tradisi ini dijumpai di salah satu pojok Batavia. Namanya Kampung Tugu.

Musik ini adalah kegemaran orang peranakan Indo-Eropa kelas bawah. Para Sinyo dan Nona menggemari musik yang diiringi berbagai bentuk gitar dari yang besar hingga kecil. Melodinya dibawakan seruling dan piul. Perkusinya sering memakai rebana. Di masa 30-an, kota-kota besar di Hindia Belanda telah banyak mementaskan musik ini bersanding dengan aransemen teater hibrida ala Stamboel.

Musik asal Kampung Tugu ini konon dibawa orang-orang Mestizos ke tanah Betawi sejak 1661. Meztizos adalah keturunan pelaut-pelaut Portugis yang menikah dengan penduduk lokal yang menjadi koloni mereka. Jika dicari asal ibunya, kaum Mestizos bisa berasal dari Afrika Timur, Pantai Malabar, Sri Langka, Malaka, Banda, Ambon, hingga Flores Atambua.

Orang-orang Mestizos di Kampung Tugu juga dikenal sebagai Kaum Mardijkers. Saat Malaka jatuh ke Belanda, Mestizos yang ada di sana sebagian menjadi budak. Sebagian lagi mengungsi ke Batavia. Karena kemampuannya dalam membantu administrasi Belanda di Batavia, orang-orang Mestizos ini dibebaskan dari status budak.

Konon, Gereja Katoliklah yang meminta kepada Hindia Belanda untuk membebaskan mereka. Sejak itu mereka berjuluk The Mardijkers yang artinya orang-orang yang dibebaskan. Dari istilah inilah kata merdeka berasal. Tetapi sebagai bayaran kebebasan, orang-orang yang semula beragama Katolik itu harus beralih ke protestan yang menjadi agama resmi Kerajaan Belanda.

Awal Mula Kroncong

Keberadaan para Mardijkers di Kampung Tugu telah melewati ratusan tahun kesendirian. Posisinya sebagai minoritas di daerah pinggiran Batavia telah membentuk tradisi musik khas yang bisa mengingatkan asal moyang mereka, kesulitan mereka, keseharian mereka, dan menghibur mereka.

Kreasi orang-orang Tugu telah menciptakan tiga jenis gitar. Yang besar dinamakan Jitera, yang sedang bernama Prunga, yang kecil bernama Macina. Saat dimainkan mereka berbunyi “krong-krong” dan “crong-crong”. Dari bunyi inilah nama Kroncong dinasabkan.

Mendes Pinto, Pelaut Portugis abad 16, meninggalkan catatan yang  dia beri nama Peregrinacao (Muhibah). Dia menulis perjalanan melautnya bersama seorang musisi bernama de Meirelez yang pintar menyanyi dan selalu membawa sebuah gitar kecil bernama Cavaquinho. Alat praktis inilah yang kemudian dibawa sampai ke kepulauan pasifik. Dari sana alat ini diberi nama Ukulele yang menjadi nama gitar kecil hingga saat ini.

Keluarga Cavaquinho inilah yang dikembangkan oleh orang-orang Kampung Tugu. Saat ini sebuah kelompok keroncong biasa melengkapi dirinya dengan Gitar, kemudian Cuk alias Ukulele dan Cak  (Kava-Kinyu) yang berbunyi tajam.

Catatan Mendes Pinto juga menyebutkan adanya kiriman 10.000 Cavaquinho ke Maroko. Sebelum berkembang  di timur, musik dengan iringan Cavaquinho lebih dahulu berkembang di ujung barat Afrika bagian utara. Dari sanalah muncul istilah orang-orang Morisco atau orang yang berasal dari tanah Maroko.  Dari sanalah muncul irama Morisco yang menjadi signatur atau ciri khas musik dari Kampung Tugu. Dan dari sana pula berkembang musik yang populer di Cape Verde (Kepulauan di tengah Samudera Atlantik seberang pantai Afrika Barat) yang bernama Mornas.  Mornas ini, menurut Joaquim Moreira de Lemos, duta besar Portugis untuk Indonesia pada 2014, sangat mirip dengan Keroncong yang berkembang di Indonesia. (Y-1)

Seni
Ragam Terpopuler
Revitalisasi Pasar Berbasis Kearifan Lokal
Empat pasar rakyat di empat kabupaten dibangun ulang oleh pemerintah sesuai dengan keselarasan lingkungan yang mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal di masing-masing daerah. Satu di anta...
Cuaca Ekstrim di Sekitar Dedaunan
Hamparan embun es yang instagramable kembali hadir di Dieng. Misteri suhu ekstrim dekat permukaan tanah belum terjelaskan. Namun ada bukti bahwa bakteri es bisa mensimulasi terjadinya kristal es (fros...
Si Klepon Naik Daun
Saat ini, jajanan pasar ini tidak kalah populer dengan kue dan roti modern berjejaring dari Prancis, Jepang, atau Korea Selatan. ...
Mengawal Keuangan Negara di Tengah Covid-19
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memaksimalkan penggunaan teknologi informasi untuk mengatasi kendala pemeriksaan. Bahkan untuk cek fisik, mereka memakai drone dan google maps live. ...
Memompa Semangat Juang di Ruang Publik
Penanganan Covid-19 memasuki babak baru. Solusi kesehatan dan ekonomi dikedepankan secara simultan. Strategi komunikasi sepertinya mengarah ke aksi best practice di tengah musibah. ...
Menanti Produksi Massal CoronaVac di Tanah Air
Secercah harapan kembali menyeruak di tengah serangan pandemi Covid-19. Vaksin yang dikembangkan SinoVac akan diuji klinis fase III di tanah air pada Agustus 2020. ...
Ketika Indeks e-Government Indonesia Naik 19 Peringkat
Komitmen pimpinan pada instansi pemerintah merupakan hal penting dalam melakukan perbaikan yang kontinu untuk mewujudkan peningkatan SPBE secara menyeluruh. ...
Mystery Shopper untuk Layanan Kependudukan Lebih Baik
Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membentuk tim penyamar untuk mengecek pelayanan publik layanan kependudukan di 34 provinsi....
Uji Klinis Berhasil, Akankah jadi Oase di Tengah Gurun?
Dari balik tembok perusahaan bioteknologi di Massachusetts, AS, kabar baik dihembuskan. Uji coba vaksin Covid-19 dinyatakan manjur dan tidak berefek samping serius. ...
Titik Rawan Tangsi Tentara
Dua kluster Covid-19 muncul dari tangsi militer. Gubernur Ridwan Kamil meyakini, tradisi disiplin yang tinggi membuat kluster itu tak meluas. ...