Bahasa | English


Daftar Destinasi Wisata Menarik Asian Games 2018 di Jakarta

2 September 2018, 16:04 WIB

Ada tiga jenis kategori paket wisata yang ditawarkan untuk para wisatawan yang akan menyaksikan Asian Games di Jakarta. Ketiga paket itu antara lain: paket Beatiful Jakarta, The Story of Old Batavia, dan Miniatur Indonesia.


Daftar Destinasi Wisata Menarik Asian Games 2018 di Jakarta Stadion Gelora Bung Karno. Sumber foto: Istimewa

Untuk paket wisata Beautiful Jakarta, para wisatawan akan diajak berkeliling selama lima jam mulai dari pukul 09.00 hingga 14.00 ke beberapa destinasi. Selain itu untuk paket wisata The Story of Old Batavia, para wisatawan akan diajak berkeliling selama lima jam mulai dari pukul 09.00 hingga 14.00 ke beberapa destinasi.

Selain kedua paket tersebut terdapat pula paket Miniatur Indonesia yang akan mengajak wisatawan ke TMII, Museum Indonesia hingga Museum Sejarah. Dan paket terakhir adalah Jakarta Seightseeing yang akan mengajak wisatawan ke Monumen Nasional dan museum Fatahillah.

Berikut destinasi-destinasi dalam paket wisata Asian Games 2018.

1. Monumen Nasional (Monas)

Ikon kota Jakarta ini Anda bukan hanya menikmati keindahan Jakarta dari atas monas saja. Anda juga bisa mengunjungi museum sejarah yang terletak di dalam bangunan Monas.

Di sana, Anda dapat menyaksikan 48 diorama menggambarkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Di sini pula terdapat sebuah ruang kemerdekaan, yang menjadi tempat penyimpanan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Lokasi ini menjadi jawaban bagi para wisatawan untuk menikmati kepulauan di Indonesia dalam satu hari. Di sini wisatawan bisa mengunjungi beberapa anjungan daerah untuk mengenal lebih jauh mengenai daerah tersebut mulai dari rumah tradisionalnya, pakaian adat hingga makanan khas daerah tersebut.

 3. Museum Indonesia

Museum ini memamerkan koleksi seni dan kerajinan kontemporer Indonesia. Kostum tradisional dari berbagai daerah, boneka, alat musik, topeng dan peralatan hidup sehari-hari

  4. Glodok

Glodok adalah pusat kota China di Jakarta. Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi ketika berada di Glodok adalah Kuil Cina Petak Sembilan yang didedikasikan untuk dewi cinta Buddha, Kuan Yin. Dibangun sekitar tahun 1650, kuil ini merupakan pusat ibadah paling awal bagi orang-orang China Batavia.

  5. Kota Intan Drawbridge

Pada abad ke-18, area Kali Besar adalah lingkungan pemukiman yang sangat bergaya di sepanjang kanal besar sungai Ciliwung. Di ujung utara Kali Besar terdapat jembatan gantung kecil yang ada sejak abad 17 Belanda, yang disebut Kota Intan Drawbridge.

6. Museum Wayang

Bangunan ini awalnya merupakan sebuah gereja yang dibangun pada 1640 bernama Gereja Belanda Tua. Pada tahun 1732, gereja ini direnovasi dan nama diubah menjadi Gereja Belanda Baru. Pada tahun 1808, gempa bumi menghancurkan gereja.

Setelahnya gereja ini beralih fungsi menjadi museum. Museum wayang ini memiliki koleksi berbagai jenis wayang, seperti wayang kulit dan wayang golek.

Museum ini juga menampilkan berbagai koleksi wayang dan boneka dari negara-negara seperti Malaysia, Thailand, Suriname, China, Vietnam, Prancis, India dan Kamboja. Museum ini juga menampilkan perangkat gamelan, pahatan wayang, serta lukisan wayang.

Di dalam museum ada piring yang menandai batu nisan Jan Pieterszoon Coen. Teater wayang dan bengkel pembuatan wayang secara periodik dibuka di museum.

7. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan berusia 500 tahun ini memiliki peran besar terutama dalam bidang perdagangan untuk Kerajaan Pajajaran di abad ke-15. Di sini terdapat kapal-kapal Panisi, yang menjadi kapal pengangkut pada zaman itu.

 8. Museum Fatahillah

Dibangun pada abad ke-16, museum ini  dahulu merupakan kantor, ruang pengadilan, dan penjara bawah tanah di masa pemerintahan Batavia.

Ekonomi
Wisata
Ragam Terpopuler
Titik Rawan Tangsi Tentara
Dua kluster Covid-19 muncul dari tangsi militer. Gubernur Ridwan Kamil meyakini, tradisi disiplin yang tinggi membuat kluster itu tak meluas. ...
Suku Osing Siap Menyambut Tamu Kembali
Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi telah mendapat sertifikasi. Doni Monardo pun melihat langsung penerapan protokol kesehatan ini. ...
Ketika Atap Kapal Jadi Sumber Energi
Nelayan sekarang sudah bisa memanfaatkan energi matahari untuk mengganti bahan bakar solar. Bayu berganti surya. ...
Mitos Keberaksaraan Orang Jawa
Legenda Aji Saka. Sebuah mitos yang bukan hanya bertutur tentang sejarah dikenalnya aksara bagi orang Jawa, itu sekaligus menjadi momen penanda penting tentang signifikansi sebuah tradisi literasi dal...
Kominfo-Gojek Perluas Akses PeduliLindungi
Aplikasi Gojek menargetkan mampu menyumbang satu juta unduhan PeduliLindungi hingga enam bulan ke depan. ...
Aksesoris Tutul Menembus Pasar Dunia
Dinobatkan menjadi salah satu desa produktif di Indonesia, hasil karya tangan-tangan warga Desa Tutul Kabupaten Jember mampu hasilkan ratusan juta rupiah dalam sebulan. ...
Anak Pekerja Migran Berbagi Sayang di Tanah Lapang
Anak-anak buruh migran bisa berekspresi, orang tua juga bisa berkreasi. Tanoker menjadi wadah keceriaan dan kebahagiaan. ...
Perjuangan Gordon Ramsay Memasak Rendang
Juru masak kelas dunia, Gordon Ramsay sukses mengeksplorasi kekayaan kuliner, budaya, dan keindahan alam Minangkabau. Ia pun memasak rendang yang lamak bana. ...
BLC, Senjata Pemerintah Melawan Corona
Aplikasi BLC tak hanya berguna untuk pemerintah dan masyarakat, melainkan juga untuk petugas kesehatan. ...
Mengenali Likupang untuk Kemudian Jatuh Cinta
Destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Utara tak hanya Bunaken. Sejumlah pantai berpasir putih dan berair jernih ada di kawasan Likupang. ...