Bahasa | English


APLIKASI

e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri

31 December 2019, 11:23 WIB

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) telah membuatkan layanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik dalam pelayanan izin belajar dan penyetaraan ijazah yaitu Aplikasi e-Layanan.


e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri e-Layanan Dikdasmen. Foto: Kemendikbud

Melalui aplikasi ini, siswa Warga Negara Indonesia yang pindah dari luar negeri bisa menempuh pendidikan dengan kurikulum nasional.

Saat masuk ke laman e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id, Anda akan menjumpai dua menu yakni Layanan SPK dan Perizinan Siswa. Layanan SPK merupakan fasilitas untuk pihak-pihak yang ingin mendirikan tempat belajar atau sekolah agar terdaftar di database Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Adapun Perizinan Siswa ditujukan untuk mengurus legalitas siswa Indonesia yang ingin bersekolah dengan kurikulum Indonesia.

Berikut langkah untuk mengurus pindah sekolah ke luar negeri bagi siswa WNI:

  1. Masuk ke laman http://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan2019/daftar untuk mendaftarkan diri. Isi semua data yang diminta di halaman tersebut.
  2. Setelah selesai mengisi dan menekan tombol Daftar di kanan bawah, pihak Subbagian Kerja Sama dan Humas akan melakukan cek data dan memproses formulir pemohon. Pemohon juga harus datang langsung ke Kemdikbud untuk melakukan verifikasi dokumen yang diunggah di laman pendaftaran tersebut.
  3. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas akan menandatangani permohonan setelah semua berkas selesai diperiksa. Selanjutnya pemohon akan diberi surat rekomendasi penyaluran siswa.
  4. Surat rekomendasi tersebut kemudian diberikan kepada Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana, dan Kerja Sama untuk ditandatangani.
  5. Surat selanjutnya harus ditandatangani oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen dan kemudian disampaikan ke pemohon atau melalui Unit Layanan Terpadu (ULT).
  6. Pengurusan surat rekomendasi penyaluran siswa luar negeri atau sebaliknya tidak dipungut biaya.
  7. Proses pengurusan biasanya selesai dalam waktu lima hari kerja.

Selain penyaluran siswa, e-layanan Dikdasmen juga memberikan fasilitas penyetaraan ijazah. Dengan layanan ini, dokumen hasil belajar yang dikeluarkan lembaga penyelenggara pendidikan di luar negeri atau di dalam negeri yang tidak mengacu pada kurikulum nasional bisa disetarakan. Dokumen ini bisa menggantikan ijazah/transkrip nilai/rapor bagi siswa SD hingga SMA yang tak sesuai dengan ketentuan pendidikan Indonesia.

Berikut langkah mengurus layanan penyetaraan ijazah:

  1. Mengisi formulir permohonan secara online di laman e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  2. Melampirkan dokumen persyaratan, yakni:
  • Pas foto ukuran 4x6
  • Paspor
  • Surat keterangan dari Perwakilan RI setempat atau Perwakilan Negara Asing di Indonesia atau surat keterangan dari sekolah asal
  • Ijazah (jika lembaga pendidikan asal mengeluarkan ijazah) atau sertifikat
  • Transkrip nilai
  • Struktur Program Kurikulum (tak diperlukan jika lembaga penyelenggara pendidikan telah menyediakan informasi ini di situs resmi).
  • Akta Kelahiran
  • Rapor kelas 1, 2, dan 3 untuk siswa SMP/SMK/SMA atau scan rapor 3 tahun terakhir untuk siswa SD
  1. Pihak Subbagian Kerja Sama dan Humas akan melakukan verifikasi formulir yang diajukan pemohon. Jika melakukan unggah dokumen lewat online, pemohon harus datang langsung membawa dokumen asli.
  2. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas akan menandatangani dan mengeluarkan surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri.
  3. Surat penyetaraan ijazah itu selanjutnya diteruskan ke Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana, dan Kerja Sama untuk selanjutnya ditanda tangani.
  4. Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen akan menandatangani surat tersebut dan diserahkan ke pemohon melalui Unit Layanan Terpadu (ULT).
  5. Proses pengurusan surat penyetaraan ijazah tidak dipungut biaya.
  6. Waktu yang diperlukan untuk mengurus surat penyetaraan ijazah sekira lima hari kerja sejak dokumen dinyatakan lengkap.
Layanan
Layanan Terpopuler
Cara Mengurus Izin Pemanfaatan Bahan Nuklir
Pemanfaatan bahan nuklir wajib mendapat persetujuan dan pengawasan dari Badan Pengawasan Tenaga Nuklir termasuk mencabut izinnya. ...
Segera Cek Keaslian Perangkat Telepon Seluler Anda
Pengecekan perangkat ponsel legal atau ilegal bakal diterapkan mulai 18 April. Dua mekanisme bakal digunakan untuk mengecek kelegalan perangkat seluler kita ...
Cara Mengisi SPT Pajak Online 2019
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), pelaporan merupakan kewajiban para wajib pajak. Kelalaian seperti telat lapor dapat berakibat penjat...
Mau Meraih KIP Kuliah? Ini Syaratnya
Presiden Joko Widodo memenuhi janjinya untuk memberikan KIP Kuliah bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi mulai tahun ini. Kartu sakti ini memiliki banyak kelebihan. ...
Cara Mengikuti Sensus Penduduk Online 2020
Tahun 2020, Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Pusat Statistik dan Kementerian Dalam Negeri melakukan Sensus Penduduk.  Pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat  melakukan...
Syarat dan Ketentuan Menurunkan Kelas Rawat BPJS Kesehatan
Iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) disesuaikan sejak 1 Januari 2020 berdasarkan Peraturan Presiden No.75/2019. Jumlah peserta mandiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke...
Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru
ISBN berfungsi sebagai identitas sebuah buku yang akan diterbitkan. Selain itu, ISBN juga bisa menjadi bukti bahwa penerbit merupakan perusahaan sah dan terverifikasi. ...
Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah layanan kesehatan yang wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia. ...
e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) telah membuatkan layanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik dalam pelayanan izin belajar dan penyetaraan ij...
Satpam Mantap, Aplikasi Tindak Kejahatan Khusus Satpam
Aplikasi Satpam Mantap ini mendata anggota satpam yang sudah terlatih dan mempunyai sertifikat. Selain itu, melalui aplikasi ini kedekatan antara Polri dan satpam akan semakin dekat. ...