Bahasa | English


LAYANAN INFORMASI KEUANGAN

Cara Mendapatkan iDeb

18 March 2019, 10:47 WIB

Sebelumnya dikenal dengan nama Sistem Informasi Debitur yang dikelola oleh Bank Indonesia, atau yang selama ini lebih dikenal dengan nama BI Checking. Mulai 1 Januari 2018, operasionalisasinya pindah ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berubah nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang di dalamnya terdapat layanan Informasi Debitur (iDeb).


Cara Mendapatkan iDeb Ilustrasi. Sumber foto: Istimewa

Selama ini, informasi debitur biasanya diakses untuk mengetahui histori kredit sebelum masyarakat mengajukan pinjaman ke bank. Dengan mengetahui histori kreditnya, masyarakat bisa menakar terlebih dulu kemungkinan diterima atau tidaknya pinjaman yang akan diajukan. Selain itu, masyarakat juga dapat memperbaiki histori kredit jika ternyata masih tercatat memiliki histori kredit buruk (blacklist), padahal sudah melunasinya, caranya adalah dengan menunjukkan bukti pelunasan dari bank.

Terdapat perbedaan antara iDeb dan IDI Histori pada BI Checking, yaitu: historiĀ  kolektibilitas dan hari tunggakan pada iDeb yang ditampilkan adalah 12 bulan, sedangkan sebelumnya pada BI Checking ditampilkan 24 bulan. Perbedaan lainnya adalah mengenai informasi agunan. Jika pada IDI Histori, informasi agunan berelasi ke debitur, pada iDeb, informasi agunan berelasi dengan fasilitas yang dijamin dengan agunan tersebut.

Prosedur Permohonan

  1. Datang langsung ke kantor OJK di kantor pusat atau di daerah yang terdekat dengan tempat tinggal.
  2. Menyiapkan dokumen pendukung yang dibutuhkan.
  • Pemohon perorangan: KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA.
  • Pemohon badan usaha: Fotokopi identitas badan usaha dan identitas pengurus. Serta menunjukkan identitas asli badan usaha berupa: NPWP badan usaha, Akta pendirian perusahaan, dan Perubahan anggaran dasar terakhir
  1. Mengisi dan menyerahkan formulir yang disediakan oleh OJK
  2. OJK akan memeriksa dan meneliti dokumen dan data di sistem informasi debitur. Jika sesuai, OJK akan mencetak informasi debitur/nasabah yang meminta informasi.
  3. OJK menyerahkan hasil informasi kepada pemohon informasi beserta tanda terima yang ditandatangani oleh pemohon informasi.

Biaya:

Gratis. Individu atau badan usaha, yang menggunakan layanan SLIK tidak akan dipungut biaya apapun.

Waktu Proses:

SLIK OJK hanya membutuhkan waktu secara keseluruhan selama 20 menit untuk setiap pengguna layanan, yang meliputi: pengecekan, pencetakan, dan penjelasan.

Layanan
Layanan Terpopuler
Siapkan KK dan NIK, Prakerja Gelombang 9 Resmi Dibuka
Bagi pendaftar yang belum lolos ke program kartu Prakerja pada gelombang-gelombang sebelumnya, ada harapan baru di gelombang 9. ...
Cara Dapatkan Bantuan Pemerintah untuk UKM
Calon penerima Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM) adalah mereka yang tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan atau Kredit Usaha Rakyat (KUR). ...
Bantuan Modal bagi Wirausaha Muda
Bantuan ini diperuntukkan bagi wirausaha muda yang bergerak di sektor industri kuliner, pariwisata, pendidikan, maupun industri kreatif. ...
Menjaga Penyaluran Tepat Sasaran
Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa. ...
Begini Cara Sekolah Menjaring Penerima Kuota Internet Gratis
Kemendikbud mendapat anggaran tambahan Rp7,2 triliun untuk subsidi kuota internet selama September-Desember 2020 guna mendukung penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). ...
Tata Cara Dapatkan Bantuan Pemerintah bagi Pelaku Ekonomi Kreatif
Bantuan infrastruktur ekonomi kreatif tak hanya ditujukan bagi komunitas ekonomi kreatif, melainkan juga pemerintah provinsi, kabupaten/kota, hingga desa, serta lembaga adat. ...
Kapan dan Bagaimana Tes Swab Dilakukan
Tes swab memiliki akurasi yang lebih tepat untuk mendeteksi infeksi akibat virus corona. Waktu yang dianjurkan untuk melakukan tes swab adalah dua hari setelah seseorang dalam kondisi tertentu menderi...
Tata Cara Pencairan Bantuan Pesantren Terdampak Covid-19
Yang terpenting, petugas pencairan bantuan tersebut harus membawa Surat Pemberitahuan dari Kementerian Agama bahwa pesantren miliknya adalah penerima bantuan di masa Covid-19. ...
Satu Akun untuk Pantau Pergerakan Limbah B3
Aplikasi Festronik 2020 merupakan aplikasi yang terus dimutakhirkan agar limbah B3 yang diangkut sampai kepada pengelola akhir terdeteksi dengan baik ...
Kiat Menghindari Wabah di Kantor
Munculnya klaster perkantoran dapat berasal dari pemukiman atau bahkan dalam perjalanan menuju kantor. ...