Bahasa | English


INSIDEN BPJS

Aplikasi Insiden BPJS

29 September 2019, 01:59 WIB

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama dengan PT Jasa Raharja (Persero) mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama Integrated System for Traffic Accidents (Insiden).


Aplikasi Insiden BPJS BPJS Kesehatan. Foto: BPJS

Aplikasi tersebut sudah diimplementasikan sejak 19 Maret 2018. Ini merupakan bagian dari usaha BPJS Kesehatan meningkatkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

1. Manfaat aplikasi Insiden BPJS

  • Bagi korban kecelakaan lalu lintas

Memudahkan masyarakat pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam memperoleh penjaminan saat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Sebelumnya, koordinasi penjaminan korban kecelakaan lalu lintas dilakukan secara manual. Keluarga korban harus mengunjungi Kantor Cabang PT Jasa Raharja dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Kini, kehadiran Insiden membuat proses penjaminan peserta JKN-KIS yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas dapat dilakukan melalui aplikasi tersebutdan real time.

  • Bagi BPJS Kesehatan, Jasa Raharja dan mitra

Insiden memudahkan dan mempercepat BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja melakukan koordinasi. Dengan demikian, transparansi dalam proses penjaminan bisa terlihat jelas dan pihak rumah sakit pun lebih mudah memantau prosesnya.

2. Keunggulan aplikasi Insiden BPJS

Memudahkan pengiriman data korban kecelakaan lalu lintas dan rumah sakit beserta informasi mengenai tempat, tanggal dan kronologi kejadian (kecelakaan lalu lintas) secara cepat ke PT Jasa Raharja (Persero). Data akan diterima oleh PT Jasa Raharja untuk direspon sesuai tahapan penjaminan.

Kemudian, kesimpulan akhir ditampilkan secara transparan dan akuntabel setelah kunjungan lapangan dan administrasi lengkap.

Selain itu juga, BPJS Kesehatan menindaklanjuti kesimpulan akhir PT Jasa Raharja yang diberikan secara elektronik sehingga memangkas proses koordinasi manfaat menjadi lebih singkat.

Dan yang terakhir adalah fitur tambahan seperti riwayat untuk kasus kontrol dan informasi detail transaksi PT Jasa Raharja untuk mencegah pembayaran ganda.

3. Sabet penghargaan

Aplikasi yang merupakan inovasi BPJS Kesehatan bekerja sama dengan PT Jasa Raharja (Persero) ini mendapat apresiasi dari pemerintah karena meraih penghargaan bergengsi.

Insiden masuk dalam jajaran Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Layanan
Layanan Terpopuler
Cetak Dokumen Kependudukan dari Rumah
Sekarang tak lagi bersusah payah mengurus kembali dokumen kependudukan yang hilang. Pemerintah telah mempermudah pelayanan dokumen administrasi kependudukan dengan inovasi cetak mandiri dari rumah. ...
Batas Atas Tarif Pemeriksaan Rapid Test
Pemerintah telah menerbitkan aturan batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibodi sebesar Rp150.000. ...
Protokol bagi Penyelenggaraan Hajatan hingga Tempat Wisata
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengeluarkan aturan normal baru bagi desa. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat desa yang produktif dan aman dari pen...
Yuk, Ikuti Panduan Pelaksanaan Kurban
Pengelola penjualan hewan kurban wajib memperhatikan kebersihan lokasi berjualan. Pemeriksaan kesehatan juga harus dilakukan, baik petugasnya maupun hewannya. ...
Tata Cara Menumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Masa Adaptasi Normal Baru
Tahap awal, penumpang kereta bandara Soekarno-Hatta hanya akan mengisi 70 persen dari kapasitas kereta. ...
Aturan Baru demi Dorong Pemulihan Nasional
Dengan skema penjaminan ini, pemerintah mendorong penyaluran kredit dari perbankan kepada para pelaku UMKM. ...
Konsultasi Dokter di Aplikasi PeduliLindungi
Untuk mengakses layanan telemedicine Halodoc di aplikasi PeduliLindungi, pengguna bisa mengunduhnya melalui Google Play Store atau AppStore. ...
Paspor Hilang atau Rusak Kini Tidak Didenda
Paspor hilang atau rusak akibat banjir, gempa bumi, kebakaran, huru-hara dan bencana lainnya saat ini sudah tidak dikenakan denda. Namun ada ketentuan yang harus dipenuhi pemilik paspor. ...
Pelatihan Keterampilan dan Wirausaha untuk Usia 15-30 Tahun
Program ini terbuka bagi mereka yang putus sekolah, tidak memiliki pekerjaan, tengah belajar paket C, serta masyarakat kurang mampu. Tak banyak syarat yang diminta untuk mengikuti program ini. ...
Keringanan Uang Kuliah Mahasiswa
Di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat regulasi keringanan pembayaran uang kuliah. Aturan ini berlaku untuk mahasiswa di perguruan tinggi negeri dan sw...