Bahasa | English


APLIKASI

Satpam Mantap, Aplikasi Tindak Kejahatan Khusus Satpam

31 December 2019, 11:09 WIB

Aplikasi Satpam Mantap ini mendata anggota satpam yang sudah terlatih dan mempunyai sertifikat. Selain itu, melalui aplikasi ini kedekatan antara Polri dan satpam akan semakin dekat.


Satpam Mantap, Aplikasi Tindak Kejahatan Khusus Satpam Aplikasi Satpam Mantap. Foto: Polda Metro Jaya

Satpam Mantap menjadi mitra kepolisian dalam menindak perilaku kejahatan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Satpam Mantap merupakan aplikasi untuk satuan keamanan atau satpam yang terdata dan terlatih yang dilengkapi sertifikasinya di seluruh Indonesia.

Polda Metro Jaya menggandeng satpam karena mereka menjadi pihak pertama yang dekat langsung dengan masyarakat, misalnya di sekitar area keramaian, seperti perumahan, perkantoran, sekolah, kampus, perbankan, pasar, dan tempat lainnya.

Aplikasi Satpam Mantap ini mendata anggota satpam yang sudah terlatih dan mempunyai sertifikat. Selain itu, melalui aplikasi ini kedekatan antara Polri dan satpam akan semakin dekat.

Polda Metro Jaya juga meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) terkait aplikasi Satpam Mantap. Penghargaan Muri diberikan karena aplikasi Satpam Mantap menjadi aplikasi keamanan pertama yang ada, bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia.

Menu Aplikasi Satpam Mantap

Aplikasi Satpam Mantap secara langsung mengkhususkan untuk satuan keamanan atau satpam yang terdata dan terlatih yang dilengkapi sertifikasinya di seluruh Indonesia. Jadi, tak semua orang bisa menggunakan aplikasi Satpam Mantap dengan bebas. Aplikasi Satpam Mantap dapat diunduh melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.gosatpam.

Berikut ini adalah beberapa menu atau fitur yang terdapat dalam aplikasi Satpam Mantap:

1. Rekomendasi

Rekomendasi adalah menu pendaftaran online yang bisa digunakan siapa pun yang ingin mendirikan usaha operasional jasa pengamanan untuk mengurus perizinan.

Dengan demikian, perusahaan akan mengantongi izin resmi dan data-data anggota petugas keamanan juga akan tercatat secara otomatis.

2. Badan Usaha Jasa Pengamanan (BJUP)

Pada menu BUJP, akan ada daftar identitas satpam yang bertugas. Identitas satpam tersebut terdiri dari KTA (Kartu Tanda Anggota) dan masa berlaku izin operasional BUJP.

3. Panic Button (Tombol darurat)

Satpam dapat menekan tombol panic botton yang terdapat pada menu aplikasi Satpam Mantap ini bila ada kejahatan yang terjadi saat dia bertugas.

Dengan Panic Button ini, satpam dapat melaporkan tindak kejahatan kepada pihak berwajib sesuai dengan jenis kasusnya.

Dikutip dari Google Playstore, kasus-kasus yang bisa dilaporkan meliputi Begal/Curas, Pencurian/Perampokan, Penculikan, Pemerkosaan, Penganiayaan, dan Pembunuhan.

4. Berita

Selain Rekomendasi, BJUP, dan Panic Button, pada aplikasi Satpam Mantap juga terdapat menu Berita. Pada menu Berita, pengguna bisa mengetahui informasi atau berita terkini soal peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Layanan Terpopuler
Klaim Biaya Penanganan Covid-19 di Rumah Sakit
Klaim biaya penanganan Covid-19 berlaku bagi rumah sakit rujukan PIE dan rumah sakit yang sesuai ketentuan. ...
Panduan Sehat Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Pemerintah menerbitkan buku panduan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tujuannya, sektor ini tetap bergerak dengan protokol kesehatan. ...
Istilah-istilah Baru dalam Penanganan Covid-19
Probable dan Discarded adalah istilah baru dalam penanganan Covid 19. Apa dan bagaimana penanganan kedua hal tersebut? ...
Meraih Bantuan Insentif dari Kemenparekraf
Ada enam pelaku bidang usaha kreatif yang diberi Bantuan Insentif Pemerintah. Total bantuan pada tahun 2020 sebesar 24 miliar. ...
Cetak Dokumen Kependudukan dari Rumah
Sekarang tak lagi bersusah payah mengurus kembali dokumen kependudukan yang hilang. Pemerintah telah mempermudah pelayanan dokumen administrasi kependudukan dengan inovasi cetak mandiri dari rumah. ...
Batas Atas Tarif Pemeriksaan Rapid Test
Pemerintah telah menerbitkan aturan batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibodi sebesar Rp150.000. ...
Protokol bagi Penyelenggaraan Hajatan hingga Tempat Wisata
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengeluarkan aturan normal baru bagi desa. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat desa yang produktif dan aman dari pen...
Yuk, Ikuti Panduan Pelaksanaan Kurban
Pengelola penjualan hewan kurban wajib memperhatikan kebersihan lokasi berjualan. Pemeriksaan kesehatan juga harus dilakukan, baik petugasnya maupun hewannya. ...
Tata Cara Menumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Masa Adaptasi Normal Baru
Tahap awal, penumpang kereta bandara Soekarno-Hatta hanya akan mengisi 70 persen dari kapasitas kereta. ...
Aturan Baru demi Dorong Pemulihan Nasional
Dengan skema penjaminan ini, pemerintah mendorong penyaluran kredit dari perbankan kepada para pelaku UMKM. ...