Bahasa | English


RESERVASI

Cara Reservasi Fasilitas di Gelora Bung Karno (GBK)

24 September 2019, 04:51 WIB

Sebagai warga negara Indonesia, satu dari sekian banyak hal yang bisa kita banggakan dan patut disyukuri adalah adanya Kawasan Gelora Bung Karno.


Cara Reservasi Fasilitas di Gelora Bung Karno (GBK) Gelora Bung Karno. Foto: Istimewa

Bermula dari ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke IV pada 1962, Presiden pertama RI, Soekarno, menjawab tantangan tersebut dengan membangun sarana dan prasana olahraga untuk perhelatan tersebut.

Dikutip dari situs resmi Gelora Bung Karno, GBK.id, upacara pembukaan Asian Games ke IV tahun 1962 pun berhasil dilaksanakan dengan lancar di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dihadiri oleh lebih dari 110.000 orang.

Pada pidatonya, Presiden Soekarno (Bung Karno) mengatakan bahwa peristiwa ini merupakan tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya di bidang olahraga, yang merupakan bagian dari Nation and Character Building, maupun dalam rangka pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Saat ini, Kawasan Gelora Bung Karno terdiri dari berbagai macam fasilitas untuk kegiatan olahraga sebanyak 36 venues, politik, bisnis, rekreasi, dan pariwisata.

Fungsi lain Kawasan Gelora Bung Karno adalah memiliki 84 persen kawasan terbuka hijau yang merupakan daerah resapan air dengan lingkungan hijau seluas 67,5 persen.

Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno terletak di area utama Senayan, Jakarta Pusat. Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno adalah area olahraga multiguna yang modern, terintegrasi, dan ramah lingkungan yang memiliki luas 279,1 hektar.

Ini adalah yang terbesar dan salah satu kompleks olahraga tertua di Jakarta dan Indonesia, dan juga salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Event besar olahraga tingkat global terbaru yang dihelat di Kawasan GBK adalah Asian Games ke-18 pada Agustus 2018 lalu.

Saat ini, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno memiliki fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Akuatik, Istora Gelora Bung Karno, Stadion Tenis Indoor, Pusat Tenis Luar Ruangan (Stadion Centre Court), Stadion Madya, Lapangan Pelatihan Sepak Bola ABC, Lapangan Panahan, Stadion Basket, Lapangan Hoki, Lapangan Bola-Softball, Balai Sidang Multifungsi, Masjid Al-Bina, dan Menara GBK.

Cara Reservasi Fasilitas di Gelora Bung Karno

1. Masuk ke halaman e-booking GBK dengan alamat https://reservation.gbk.id/ lalu pilih menu "Game" di Menu Bar di kanan atas.

Pastikan Anda telah memiliki akun atau terdaftar di nama pengguna dan memiliki kata sandi. Jika belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar di halaman registrasi di menu Registrasi.

2. Setelah masuk di halaman menu Game, pilih venue yang ingin Anda pesan.

Pada halaman ini, terdapat fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Gedung Basket, Lapangan Basket Outdoor 1, Lapangan Basket Outdoor 2, Lapangan Basket Outdoor 3, Lapangan Basket Outdoor 4, Lapangan Gateball 1, Lapangan Gateball 2, Lapanga Hoki, dan sebagainya.

3. Pada halaman detail Venue, pilih Game.

4. Atur waktu mulai hingga akhir sewa dengan memilih dari tanggal dan ke tanggal yang terdapat dalam pilihan sesuai dengan yang Anda kehendaki.

GBK memberikan kebijakan tentang harga sewa, yaitu sewa satu hari, juga ada tarif hari kerja dan tarif akhir pekan.

5. Setelah memilih jenis venue yang akan disewa dan tanggal, selanjutnya pilih rentang waktu (jam sewa). Lalu, tentukan cara pembayaran yang dikehendaki.

Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.

6. Setelah membaca syarat dan ketentuan, dan jika telah setuju, klik Pesan Sekarang (Book Now).

Setelah itu, akan muncul keterangan lagi soal venue yang akan disewa, durasi waktu, baik jam maupun tanggal, informasi pembayaran, dan tenggat waktu pembayaran.

Selain melakukan reservasi venue GBK via online, Anda pun dapat melakukannya dengan cara mendatangi Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang berada di Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta, dengan nomor telepon 021-29888555 Ext.7000 atau via 021-5701862 serta bisa via email ke info@gbk.id.

Layanan
Layanan Terpopuler
Klaim Biaya Penanganan Covid-19 di Rumah Sakit
Klaim biaya penanganan Covid-19 berlaku bagi rumah sakit rujukan PIE dan rumah sakit yang sesuai ketentuan. ...
Panduan Sehat Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Pemerintah menerbitkan buku panduan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tujuannya, sektor ini tetap bergerak dengan protokol kesehatan. ...
Istilah-istilah Baru dalam Penanganan Covid-19
Probable dan Discarded adalah istilah baru dalam penanganan Covid 19. Apa dan bagaimana penanganan kedua hal tersebut? ...
Meraih Bantuan Insentif dari Kemenparekraf
Ada enam pelaku bidang usaha kreatif yang diberi Bantuan Insentif Pemerintah. Total bantuan pada tahun 2020 sebesar 24 miliar. ...
Cetak Dokumen Kependudukan dari Rumah
Sekarang tak lagi bersusah payah mengurus kembali dokumen kependudukan yang hilang. Pemerintah telah mempermudah pelayanan dokumen administrasi kependudukan dengan inovasi cetak mandiri dari rumah. ...
Batas Atas Tarif Pemeriksaan Rapid Test
Pemerintah telah menerbitkan aturan batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibodi sebesar Rp150.000. ...
Protokol bagi Penyelenggaraan Hajatan hingga Tempat Wisata
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengeluarkan aturan normal baru bagi desa. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat desa yang produktif dan aman dari pen...
Yuk, Ikuti Panduan Pelaksanaan Kurban
Pengelola penjualan hewan kurban wajib memperhatikan kebersihan lokasi berjualan. Pemeriksaan kesehatan juga harus dilakukan, baik petugasnya maupun hewannya. ...
Tata Cara Menumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Masa Adaptasi Normal Baru
Tahap awal, penumpang kereta bandara Soekarno-Hatta hanya akan mengisi 70 persen dari kapasitas kereta. ...
Aturan Baru demi Dorong Pemulihan Nasional
Dengan skema penjaminan ini, pemerintah mendorong penyaluran kredit dari perbankan kepada para pelaku UMKM. ...