Tol Sibanceh, Jalan Tol Pertama di Aceh

  •   Rabu, 17 Maret 2021 | 12:49 WIB

Konstruksi Seksi 3 ruas Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km Jalan Tol Banda Aceh-Sigli (Tol Sibanceh) rampung dan siap menyusul beroperasi.

Ruas Jalan Seksi 3 Rampung

Setelah Tol Sibanceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 km pada Agustus 2020 diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat ini konstruksi Seksi 3 ruas Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km telah rampung.

Seksi 3 telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol dan sekaligus menjadi ruas utama dalam sistem logistik yang menghubungkan Banda Aceh dan Medan.

Fakta Tol Sibanceh

Tol Sibanceh merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Pembangunannya terdiri dari 5 seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji - Seulimeum (25 km), Seksi 2 Seulimeum - Jantho (6 km), Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km), serta Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro (8 km).

Keuntungan Tol Sibanceh

Dibangunnya jalan tol pertama di Aceh ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam, dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan hanya butuh 1 jam perjalanan. Harapannya, adanya kemudahan akses jalan ini akan mendorong pemulihan ekonomi di Aceh, terutama pada koridor Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya.

Kementerian PUPR mencatat biaya konstruksinya sekitar Rp8,99 triliun dengan nilai investasi mencapai Rp12,35 triliun.