Bahasa | English

Rumah Sakit Darurat Penanggulangan Covid-19
23 March 2020, 20:18 WIB

Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, akhirnya mulai dioperasikan sebagai Rumah Sakit Darurat Penangangan Pasien Covid-19 pada Senin (23/03/2020). Wisma Atlet yang terdiri dari 4 tower itu mampu menampung 24 ribu orang pasien Covid-19.

Hanya butuh waktu empat hari, Wisma Atlet yang pernah digunakan saat perhelatan Asian Games “disulap” menjadi rumah sakit. Proses alih fungsi itu melibatkan berbagai pihak, dari pemerintah, BUMN, hingga swasta yang bahu-membahu memerangi Covid-19.

Ada empat gedung yang sudah diubah menjadi tempat perawatan pasien Corona. Khusus Tower  6 dan 7 dilengkapi peralatan seperti laboratorium dan ruang radiologi, ruang isolasi (ICU maupun non ICU) untuk merawat pasien Corona.

Nantinya Wisma Atlet tak hanya digunakan untuk mengisolasi pasien dengan gejala lazimnya covid-19. Tapi juga mereka yang terinfeksi virus SARS COV-2, tapi tak menunjukkan simtom apapun.

Data per Minggu 22 Maret 2020, jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 514 pasien. Sebanyak 307 pasien di antaranya terdapat di DKI Jakarta. Semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Covid-19 membuat pemerintah menyulap Wisma Atlet ini sebagai sarana medis yang modern yang siap menjadi fasilitas utama penanggulangan wabah yang kini ditakuti oleh warga dunia.

Teks : Bismo Agung

Foto  : Antara